Rabu, 16 Maret 2016

Pengertian Tata Surya

Kumpulan planet dan satelit atau bulan serta serpihan – serpihan benda langit yang mengitari matahari disebut sebagai tata surya. benda - benda tersebut menyatu padu yang disebabkan oleh gaya tarik matahari (gravitasi matahari). Besar kemungkinan tata surya terbentuk dari adanya awan besar berisikan gas dan debu antar bintang yang keudian menjadi satu karena gaya gravitasi dari setiap benda tersebut, yang terjadi sekitar 5 milyar tahun yang lalu.

Tata surya termasuk di dalamnya ada matahari, planet dan semua benda langit yang beredar di sekelilingnya seperti bulan atau satelit, meteorid, dan asteroid serta komet. Matahari menjadi pusat tata surya dan planet-planet mengelilinginya sesuai dengan orbit masing-masing. Putaran planet-planet mengelilingi matahari inilah yang dinamakan revolusi. Planet mengelilingi matahari pada garis edarnya yang disebut orbit. Tempat beredar dari planet-planet tersebut dinamakant bidang ekliptika. Sedangkan waktu yang diperlukan planet untuk sekali putaran disebut kala revolusi.

Planet selain ber-revolusi, dia juga ber-rotasi. Rotasi merupakan putaran planet pada porosnya. Kala rotasi merupakan waktu yang diperlukan untuk satu kali putaran atau rotasi.
Dari pernyataan di atas maka dikatakan bahwa sebuah bintang yang dinamakan matahari dan semua objek yang yang mengitarinya disebut tata surya
.
Matahari

Bintang yang paling dekat dengan Bumi yang juga menjadi pusat tata surya disebut matahari. Jarak matahari dengan bumi adalah 1 SA atau 150 juta kilometer. Matahari tersusun dari zat yang berupa gas, dengan jumlah komposisi: hydrogen sebanyak 75% dan helium sebanyak 20%, serta 2% dari unsur lainnya. Suhu di permukaan Matahari sudah sangat tinggi yaitu 6000 derajat Celsius sedangkan pada bagian inti mencapai suhu 15 juta derajat Celsius. Kala rotasi matahari adalah 25,04 hari dan memiliki gravitasi 27,9 kali dari gravitasi Bumi. 333.000 kali massa Bumi merupakan massa matahari.
Pada inti matahari terjadi reaksi nuklir yaitu adalah reaksi pengubahan hydrogen menjadi energi dan helium. Suhu di inti matahari mencapai 15 juta Kelvin. Lapisan kulit matahari dibedakan menjadi 3 yaitu: fotosfer, kromosfer dan korona.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar